Rusaknya Tugu Zapin Ikon Provinsi Riau, Diki Syahputra Minta PJ Gubernur Riau Ir.H. S.F Hariyanto M.T Untuk Segera Merenovasi-nya -->

Iklan Semua Halaman

Rusaknya Tugu Zapin Ikon Provinsi Riau, Diki Syahputra Minta PJ Gubernur Riau Ir.H. S.F Hariyanto M.T Untuk Segera Merenovasi-nya

Kabar Investigasi
Kamis, 07 Maret 2024


PROVINSI RIAU -- Beberapa waktu lalu Tugu zapin yang berdiri di komplek kantor Gubernur Riau, rusak parah di akibatkan beberapa bagiannya hilang di curi sehingga terdapat bolongan-bolongan di bagian Tugu Zapin tersebut. Pekanbaru kota, Provinsi Riau, Selasa 5/3/2024. 


Tugu zapin ikon Provinsi Riau terlihat kurang bagus sejak terjadinya insiden pencurian tersebut, padahal Tugu Zapin tersebut., ikon Provinsi Riau yang mempunyai banyak arti dan sejarah Provinsi Riau.


Tugu Zapin itu terbuat dari perak dan tembaga yang khusus diukir oleh pematung kelas dunia asal Bali, I Nyoman Nuarta pada akhir tahun 2011 Silam yang mempunyai sejarah perjuangan rakyat Riau dan asal usul Tari Zapin yang berasal dari provinsi riau.


Oleh sebab itu Aktivis Muda Riau Diki Syahputra berharap agar PJ Gubernur Riau segera membenahi/memperbaiki Tugu Zapin tersebut karena Tugu itu bagian dari simbol provinsi riau.


Diki Syahputra juga berharap untuk kedepannya Tugu-Tugu yang menjadi simbol Provinsi Riau seperti Tugu keris, Tugu ikan Selais, Tugu Proklamasi Riau, Patung Tuanku Tambusai dan Patung Monumen Perjuangan Rakyat Riau Pekanbaru, untuk dapat dijaga bersama-sama", Tandasnya.


Reporter : Athia